Senin, 07 November 2011

Wujud Kebudayaan dalam Masyarakat Indonesia

             Indonesia merupakan suatu negara yang kaya akan kebudayaan dari Sabang sampai Marauke. Tiap-tiap daerah mempunyai ciri khas kebudayaan yang berbeda-beda. Kali ini saya akan coba membandingkan kebudayaan 2 buah daerah yang sangat berbeda, yaitu Kebudayaan Aceh dan Bali. Saya akan membahasnya melalui 3 poin yaitu ;

1. Gagasan 
Adat istiadat kedua daerah tersebut memiliki sebuah persamaan yaitu berdasarkan tentang kekuatan Religius dari Tuhan YME , Namun penerapan kedua budaya tersebut berbeda , bali yang bertopang pada kebudayaan agama hindu yang dijadikan pedoman masyarakat di Bali , sedangkan Aceh berpedoman pada Agama Islam .

2. Sistem Sosial
     Perkawinan adat Aceh Ba Ranup (ba-membawa ranup-sirih) merupakan suatu tradisi turun temurun yang tidak asing lagi dilakukan dimana pun oleh masyarakat Aceh, saat seorang pria melamar seorang perempuan. Untuk mencarikan jodoh bagi anak lelaki yang sudah dianggap dewasa maka pihak keluarga akan mengirim seorang yang dirasa bijak dalam berbicara (disebut seulangke) untuk mengurusi perjodohan ini. Jika seulangke telah mendapatkan gadis yang dimaksud maka terlebih dahulu dia akan meninjau status sang gadis. Jika belum ada yang punya, maka dia akan menyampaikan maksud melamar gadis itu .

     Tueng Linto baroe (tueng-menerima, linto-laki-laki, baroe-baru) yaitu menerima pengantin pria adalah yaitu menerima pengantin laki-laki oleh pihak perempuan, penerimaan secara hukum adat atau dalam tradisi Aceh. Pengantin laki-laki datang ke pesta beserta rombogan (keluarga & kerabat). Rombongan disuguhkan hidangan khusus disebut idang bu bisan (idang-hidangan, bu-nasi bisan-besan). Setelah selesai makan, maka rombongan linto baro minta izin pulang kerumahnya, sedangkan pengantin pria tetap tinggal untuk disanding dipelaminan hingga acara selesai.
     Tueng dara baroe adalah suatu hal yang dilakukan oleh pihak laki-laki dengan kata lain adalah penjemputan secara hukum adat atau dalam tradisi Aceh. Acara ini sama dengan yang diatas namun pihak perempuan yang pergi ke acara pihak laki-laki. 
     Mahar Dalam adat istiadat Ureung Aceh, hanya dikenal mahar berupa emas dan uang. Mahar ditiap aceh berbeda. Dibagian Barat Aceh mahar berupa emas yang diberikan sesuai kesepakatan, biasanya berjumlah antara belasan sampai puluhan mayam. Sedangkan didaerah Timur, mahar yang diajukan dibawah belasan tapi menggunakan uang tambahan yaitu disebut "peng angoh" (peng-uang, angoh-hangus), hal ini dilakukan untuk membantu pihak perempuan untuk menyelenggarkan pesta dan membeli isi kamar. Mahar biasanya ditetapkan oleh pihak perempuan dan biasanya kakak beradik memiliki mahar yang terus naik atau minimal sama. Namun semua hal tentang mahar ini dapat berubah-ubah sesuai kesepakatan kedua belah pihak.
     Di Bali setiap orang yang menganut agama Hindu wajib mengikuti sembhayang dan juga menyediakan subak pada tiap daerah pertanian untuk melestarikan alam sebagai pengabdiannya kepada Dewa. Selain itu orang yang meninggal di Bali tidak dimakamkan tetapi dibakar atau lebih kita kenal dengan upacara Ngaben. Sistem sosial di Bali mengikuti sistem sosial di India yang menggunakan kasta.






3. Kebudayaan
          Salah satu kebudayaan benda yang dapat terlihat dan terwujud adalah rumah adat dari masing-masing daerah tersebut. Di Bali suatu rumah dibuat berdasarkan hukum Asta Kosala Kosali. Ukuran luas rumah, tinggi, lebar, panjang, dll diukur berdasarkan ukuran bagian-bagian tubuh pemiliknya. Rumah Bali juga memiliki pola yang disebut Nawa Sanga, dari bagian terluar hingga bagian paling dalam yang merupakan temat paling suci yang digunakan sebagai ruang ibadah . Rumah tradisonal suku Aceh dinamakan Rumoh Aceh. Rumah adat ini bertipe rumah panggung dengan 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan. Tiga bagian utama dari rumah Aceh yaitu seuramoë keuë (serambi depan), seuramoë teungoh (serambi tengah) dan seuramoë likôt (serambi belakang). Sedangkan 1 bagian tambahannya yaitu rumoh dapu (rumah dapur).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar